banner 468x60

Ampas Kedelai Sisa Sabu Sahe Diproses Jadi Keripik

552 views
iklan

sari tebu ubharaPenakita | SURABAYA – Mahasiswa penemu minuman kemasan plastik dari Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya optimis produk yang mereka buat bernilai bisnis tinggi. Ini terbukti dari uji coba yang mereka lakukan dengan memasarkan minuman tersebut di sekitar Jalan Jemur Wonosari gang Lebar, ternyata mendapat sambutan positif masyarakat.

Hanya dalam waktu lima jam mereka berhasil menjual 10 kemasan Sabu Sahe. “Komentar pembeli semua bilang suka rasanya,” kata Haris Setyawan yang bersama ketiga teman-temannya, Refi Yunita Fajrin, Sarlinda Wiyanti, dan Moch Fahmi menciptakan minuman segar tersebut.

Atas perkembangan menggembirakan itu, mahasiswa asal Lamongan ini menegaskan usaha minuman herbal tersebut tidak hanya terbatas di PKM dengan target lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), melainkan bakal mereka kembangkan secara profesional juga.

Haris kemudian memapar, saat ini saja omzet kotor 70 persen didapat dari setiap produksinya. Dan 65 persen diantaranya adalah keuntungan bersih.

“Berikutnya kami merancang program pengembangannya, termasuk meracik minuman ini dalam kemasan gelas atau botol,” ungkapnya.

Tidak hanya itu. Haris juga sudah mencoba memanfaatkan sisa ampas kedelai dari proses minuman yang mereka buat untuk menjadi keripik. “Cara membuatnya, ampas dicampur tepung lalu dimasak hingga mengental kemudian dipotong-potong berbentuk keripik. Setelah itu diberi bumbu sesuai selera,” urai Haris sambil menambahkan, proyek tersebut tidak tertutup kemungkinan dikembangkan menjadi usaha francise. ari

author