banner 468x60

Antisipasi Kekurangan Murid, Pagu SMKN 3 dan SMKN 4 Bakal Dikurangi

385 views
iklan

ppdb kota probolinggoPenakita | PROBOLINGGO – Kasus minimnya peminat di SMK Negeri 3 Kota Probolinggo ternyata bukan hanya sekali ini terjadi. Karena itu, Dinas Pendidikan (Dindik) setempat mengaku bakal melakukan evaluasi tidak terpenuhinya pagu di sekolah tersebut.

“Bisa saja akan ada penambahan jurusan yang lebih diminati masyarakat sehingga diharapkan bisa memancing bertambahnya siswa di sekolah itu,” kata Endro Suroso, Kepala Dindik Kota Probolinggo.

Kemungkinan lain, lanjut Endro, adalah mengurangi pagu di dua SMKN 3 serta di SMKN 4 yang juga mengalami hal serupa pada tahun ajaran mendatang.

Wacana mengurangi pagu di dua sekolah tersebut disambut positif kalangan anggota dewan setempat. “Jika dilakukan pengurangan pagu, tentu ada nuansa kompetitif bagi siswa baru saat memasuki SMKN 3 dan SMKN 4,” cetus Asad Anshari, Ketua Komisi A DPRD Kota Probolinggo.

Selain itu, menurut Asad, pengurangan pagu siswa baru di sekolah negeri ini bakal menjadi berkah bagi sekolah-sekolah swasta. “Kalau sekolah negeri terlalu banyak menerima siswa baru, ya sekolah swasta tidak kebagian siswa baru,” ujar mantan guru dan kepala sekolah swasta itu.

Sebagaimana diberitakan, dari empat SMKN di Kota Probolinggo, hanya dua sekolah yang pagunya terisi secara memadai. Sedang di SMKN 3 dan SMKN 4, pagu siswa barunya belum terisi penuh.

Dari 288 kursi yang disediakan di SMKN 3 hanya terisi 190 siswa. Sekolah di Jl Pahlawan itu membuka jurusan perhotelan, busana butik, jasa boga, dan kecantikan (tata) rambut.

Kondisi yang sama dialami SMKN 4 yang membuka jurusan nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan, multimedia, teknik kendaraan ringan, dan teknik pengelolaan hasil perikanan. Dari pagu 252 siswa, baru terisi 161 siswa. adi

author