banner 468x60

Bayar 10 Mei, Baru Daftar SBMPTN 13 Mei 2013

489 views
iklan
Ketua Panitia SBMPTN asal ITS, Dr Ismaini Zain

Ketua Panitia SBMPTN asal ITS, Dr Ismaini Zain

Penakita | SURABAYA – Para siswa SMA dan lulusan SMA yang berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) diharapkan bersiap diri. Sebab, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bakal segera dibuka. Pembukaan seleksi jalur ujian tulis dan keterampilan ini akan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia SBMPTN asal ITS, Dr Ismaini Zain, Senin (8/4/2013). Ia mengatakan, cara pendaftaran SBMPTN ini tidak jauh berbeda dengan SNMPTN, yakni melalui sistem online. “Semua boleh daftar SBMPTN ini. SBMPTN ini juga menampung siswa yang sudah lulus sejak dua tahun lalu, yakni tahun 2011 dan 2012,” tutur Ismaini kepada PENAKITA.com, Senin (8/4/2013).

Lebih jauh Ismaini melanjutkan, untuk melakukan pendaftaran, siswa harus melakukan pembayaran terlebih dahulu melalui Bank Mandiri. Mereka bisa memilih tiga jenis jurusan, yakni Sains-Teknologi, Sosial-Humaniora, atau campuran. Untuk jurusan Sains-Teknologi dan Sosial-Humaniora bea pendaftaran dipatok sebesar Rp 175.000, sedangkan untuk campuran Rp 200.000.

Usai membayar mereka akan mendapatkan nomor pin dan kode akses pendaftaran SBMPTN. Pembayaran sudah mulai dapat dilakukan pada 10 Mei 2013. Pendafaran dilakukan secara online melalui website yang beralamat di www.SBMPTN.or.id. Mereka bisa bebas memilih tiga program studi (Prodi).

“Kalau mereka memilih satu jenis saja, Sains-Teknologi atau Sosial-Humaniora, mereka bisa pilih tiga prodi di perguruan tinggi manapun. Tetapi kalau mereka memilih campuran, mereka bisa memilih dua prodi sains-teknologi dan satu sosial-humaniora, atau dua sosial-humaniora dan satu sains-teknologi,” papar Ismaini.

SBMPTN ini, beber Ismaini, akan ditutup tanggal 7 Juni 2013. Sementara tes SBMPTN dilakukan pada tanggal 18–19 Juni 2013.ika

author