banner 468x60

Beasiswa S2 Pertanian

482 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) menawarkan beasiswa pascasarjana 2014-2015 untuk jenjang S-2 dan S-3 kepada para peneliti dan profesional di bidang pertanian. Beasiswa ini khusus ditawarkan kepada kandidat dari negara-negara Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tunjangan buku, tunjangan penyusunan tesis dan disertasi, asuransi dan tiket perjalanan pp, serta biaya hidup sebesar 400 dolar AS per bulan.

Kandidat bisa memilih program studi yang terkait bidang pertanian, seperti ilmu pengetahuan hayati, ilmu pengetahuan sosial, ekonomi dan statistik, kehutanan dan perikanan, ilmu lingkungan, teknologi agro industri dan teknik, kimibiokimia dan manajemen pengembangan.

Beasiswa akan berlaku untuk kandidat yang memilih studi di sejumlah universitas mitra SEARCA. Universitas-universitas tersebut adalah:
– Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Indonesia
– Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia
– Universiti Putra Malaysia (UPM), Selangor, Malaysia
– Kasetsart University (KU), Bangkok, Thailand
– University of the Philippines Los BaƱos (UPLB), Laguna, Filipina
– University of the Philippines Diliman (UPD), Quezon City, Filipina
– University of the Philippines Visayas (UPV), Iloilo, Filipina

Beasiswa ini hanya bisa dilamar oleh kandidat yang bekerja di institusi pendidikan, lembaga riset atau kantor pemerintah. Kandidat harus berusia di bawah 35 tahun.

Pendaftaran terkait dengan kementerian pendidikan di masing-masing negara asal kandidat. Namun, tenggat awktu yang diberikan untuk pendaftaran sama, yaitu paling lambat 30 Juli 2013. Informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi bisa diperoleh di laman resmi SEARCA berikut ini.

Siapa berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri pada tahun ini? Beasiswa dari pemerintah Hungaria ini bisa jadi salah satu pilihan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hungaria menawarkan beasiswa untuk semua jenjang pendidikan tinggi, mulai dari diploma sampai doktor. Kandidat dari negara-negara mitra yang memiliki perjanjian bilateral dalam bidang pendidikan dengan Hungaria serta sejumlah negara lain yang dipilih menjadi mitra, seperti Indonesia.

Banyak model beasiswa yang ditawarkan, yaitu beasiswa diploma dan sarjana yang bersifat per semester atau sebagian (ketegori A), beasiswa riset pascasarjana (kategori B), beasiswa penuh dan sebagian untuk gelar PhD (kategori C1 dan C2), beasiswa riset postdoctoral (kategori D), research stay (kategori E) dan kursus musim panas (kategori F).

Untuk beasiswa diploma dan S-1, usia kandidat harus kurang dari 30 tahun, sementara untuk jenjang S-2, kandidat tak boleh berusia lebih dari 40 tahun.

Berminat? Syarat dan ketentuan untuk masing-masing program beasiswa yang ditawarkan bisa dilihat di laman resmi Hungarian Scholarship Board Office. Ingat, pendaftaran online dan via pos ditutup paling lambat 8 April 2013.

author