banner 468x60

Becak Tenaga Surya, Hemat Tenaga Manusia

482 views
iklan
Becak tenaga surya

Becak tenaga surya

Penakita | SURABAYA – Mendengar kata becak, akan terbayang sebuah kendaraan umum beroda tiga, dan sangat ekonomis. Hingga kini, kendaraan yang lebih banyak eksis di lingkungan pedesaan itu telah banyak berkembang. Tidak hanya dikayuh, becak modern telah berkembang menggunakan tenaga motor, sehingga lebih cepat melajunya.

Jika becak kayuh butuh tenaga besar manusia, dan becak motor yang super cepat tidak ramah lingkungan, maka becak bernama P3K ini berbeda. Becak P3K karya siswa-siswa SMK UPT PPPK (Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kejuruan) ini, yakni Muh Rizal Fana, Hadi Kasian, dan Ardi Nasution menggunakan tenaga surya, untuk menjalankan motor penggerak becak.

Tenaga surya atau matahari dihimpun melalui sistem solar cell yang diletakkan di atas atap becak. Tenaga surya yang terkumpul tersebut mampu menggerakkan motor dengan kecepatan hingga 20 km/jam.

Salah satu tentor pembimbing UPT PPPK, Ariantono mengatakan, becak karyanya dan tiga siswanya tersebut merupakan becak dwifungsi. Selain menggunakan tenaga motor, juga bisa dikayuh. Penggunaan tenaga motor ini maksimal dapat digunakan selama tiga jam.

“Jadi, becak P3K ini tidak saja berkecepatan tinggi menyerupai becak motor, tetapi juga tetap ramah lingkungan seperti becak kayuh biasa,” tutur Ari kepada PENAKITA.com, Jumat (8/3/2013).

Salah satu siswa pencipta P3K, Rizal menambahkan, penggunaan sistem tenaga motor dan tenaga matahari itu diatur dengan ECU (Electric Control Unit). Sistem inilah yang mengatur sistem elektrik atau tenaga motor listrik yang digunakan becak P3K. Sebagai pengendalinya, disediakan tukas pengendali layaknya tukas pada sepeda motor.

“Ketika siang hari, sollar cell mengumpulkan sinar matahari lalu menyimpannya, dan mengubahnya menjadi tenaga listrik penggerak motor. Tapi kalau keadaan mendung, atau malam hari, tidak perlu khawatir. Karena becak ini bisa di-charge selama lima jam dulu, lalu digunakan,” tukas Rizal. ika

author