banner 468x60

Becak Tenaga Surya Ini Punya Banyak Kelebihan

449 views
iklan
Becak tenaga surya

Becak tenaga surya

Penakita | SURABAYA – Becak tenaga surya, P3K karya siswa SMK UPT PPPK ini memiliki banyak kelebihan. Selain hemat tenaga manusia dan ramah lingkungan, becak ini juga dilengkapi rem cakram sehingga aman mengendarainya.

Becak yang memakan waktu dua minggu dan biaya sebesar Rp 10 juta dalam pembuatannya ini rencananya terus dikembangkan, sehingga menjadi lebih canggih dan memudahkan pekerjaan seorang tukang becak.

“Rencananya, kami akan mengembangkan becak ini lebih canggih lagi. Kami akan melengkapinya dengan sistem maju-mundur, layaknya mobil, dan sistem pedal assistent, sehingga dapat meringankan tukang becak ketika mengayuh becak tersebut,” papar Ariantono, salah satu tentor UPT PPPK kepada PENAKITA.com, Jumat (8/3/2013).

Ari menambahkan, selain memiliki banyak kelebihan, ia mengakui bahwa becak P3K ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah laju kecepatan yang melemah, ketika berjalan di jalan tanjakan. “Kalau becak pada umumnya dapat menampung beban hingga 1 ton. Sementara becak P3K ini hanya bisa menampung beban paling berat 250-300 kg. Lebih dari itu, becak ini tidak bisa jalan,” tandasnya. ika

author