banner 468x60

“Benahi Guru Sebelum Terapkan Kurikulum 2013!”

439 views
iklan

Drs Nuryanto MSiPenakita | SURABAYA – Kabid TK/ SD/ PK Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Nuryanto mengatakan, konsep kurikulum 2013 yang dirancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sesungguhnya cukup bagus. Sayangnya, masih terdapat kekurangan di dalamnya, yakni kurangnya persiapan.

Semuanya, seharusnya dimulai dengan piloting terlebih dahulu. Lalu pemberlakuan secara bertahap, dan terakhir pemberlakukan secara keseluruhan di semua jenjang pendidikan.

“Kalau dari segi konsepnya pasti lebih baguslah dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Tapi sayangnya, dari segi persiapan, sosialisasi, dan pemberlakuannya ini kurang matang,” tutur Nuryanto kepada PENAKITA.com, Selasa (7/5/2013).

Lebih jauh Nuryanto melanjutkan, jika kurikulum 2013 benar-benar diterapkan dengan persiapan yang matang, ia optimis hasilnya akan bagus. Sebab dalam kurikulum 2013 ini yang diutamakan adalah proses, sehingga siswa dilatih sebagai penalar, bukan penghafal semata.

“Tapi semua itu ya juga ditentukan oleh gurunya. Kalau gurunya tidak inovatif, kurikulum 2013 ini juga tak dapat berjalan sempurna. Lha ini gurunya sendiri juga belum memahami betul konsep kurikulum 2013, jadi mana bisa diimplementasikan dengan baik,” ungkap Nuryanto.

Yang terpenting lagi, papar Nuryanto, adalah membenahi skill dan tatanan guru ini. Sebab, guru bisa dikatakan sebagai ujung tombak implementasi kurikulum 2013. “Yang terpenting gurunya dulu dibenahi. Nggak usah tergesa-gesa menerapkan kurikulum baru, terutama di jenjang SD. Nanti siswa malah yang jadi korban,” tandasnya.ika

author