banner 468x60

Bocoran Soal Beredar Lewat ‘Salam Tempel’

475 views
iklan

joki unasPenakita | SURABAYA – Isu bocornya soal dan jawaban dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 agaknya bukan isapan jempol belaka. Fakta tersebut benar adanya menyusul adanya pengakuan sejumlah siswa dan guru dari beberapa lembaga sekolah.

Salah seorang guru, sebut saja Mawar (bukan nama sebenarnya), dari salah satu sekolah di Surabaya, memberi pengakuan yang mengejutkan kepada PENAKITA.com, Selasa (23/4/2013). Ia secara gamblang membeberkan rahasia di balik sistem pembocoran soal dan jawaban di sejumlah sekolah.

Menurut Mawar, pembocoran soal dan jawaban memang telah tersistem dengan baik dan rapi. Sebab, sebelum hari H pelaksanaan UN, biasanya pihak sekolah selalu melakukan rapat internal di kalangan guru atau tim sukses UN. Dalam rapat ini dibahas strategi sekolah menghadapi UN dengan lancar, termasuk trik penyebaran bocoran soal.

“Meskipun pemerintah sudah membuat soal UN sampai 20 paket, tetap saja guru dan muridnya lebih pinter,” tutur Mawar mengkritik strategi pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dalam pembuatan soal UN 2013.

Mengenai proses dan mekanismenya, Mawar membeberkan, semuanya diawali dengan ‘serangan fajar’ dan ‘salam tempel’. Maksudnya, penyebaran kunci 20 paket soal dan jawaban itu dilakukan pada pagi hari, sebelum pelaksanaan UN dimulai. Hal itu dilakukan oknum guru, tim sukses UN, kepada seluruh siswa, melalui sistem ‘salam tempel’.

“Ya memang ribet, karena sekarang kan soalnya 20 paket. Tapi siswa juga nggak bodoh-bodoh amat. Mau nggak mau mereka tetap harus milih dan mencocokkan dengan soal UN-nya. Kan bisa dilihat kunci nomor 1-5 dulu, dicocokkan jawaban itu dengan soal kok sama, ya berarti itu kuncinya,” tukas Mawar. ika

author