banner 468x60

BSM Madrasah Cair Sebelum Lebaran

479 views
iklan

Bantuan Siswa MiskinPenakita | SURABAYA – Ada kabar baik bagi siswa tidak mampu yang sekolah di madrasah, baik di tingkat ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), maupun Aliyah (MA). Pasalnya, mereka juga bakal turut menikmati bantuan siswa miskin (BSM) yang dikucurkan pemerintah sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Pendma Kemenag), Abdul Rahman, saat ini pihak bank sedang memproses pembuatan rekening bagi seluruh siswa penerima BSM. Proses pembuatan rekening ini diharap tuntas Senin (29/7/2013), sebab sesuai petunjuk teknis (juknis) Kemenag, BSM harus sudah cair pada awal Agustus 2013.

“Semoga sebelum Lebaran dana BSM ini sudah harus cair,” cetus Abdul Rahman sambil menambahkan, bantuan itu diharap bisa meringankan beban orangtua lantaran kebutuhan menjelang Idul Fitri yang pasti meningkat.

Abdul Rachman mengingatkan agar penggunakan BSM tetap untuk memenuhi kebutuhan siswa, terutama yang berkaitan dengan pendidikan. “Banyaknya bantuan ini disesuaikan jumlah siswa tidak mampu di madrasah,” ujarnya.

Adapun siswa MI yang dapat kucuran BSM sebanyak 6.580 orang, siswa MTs (1.354 orang), serta MA (568 siswa), sehingga keseluruhan siswa miskin yang dapat dana BSM sebanyak 8.502 siswa.

Sementara alokasi BSM berbeda di setiap jenjang. Untuk siswa MI mendapatkan bantuan sebesar Rp 360.000 per-tahun, siswa MTs sebesar Rp 550.000/ tahun, serta siswa MA Rp 1 juta per-tahun. ari

author