banner 468x60

Cegah Perdagangan Anak Lewat RT/RW

471 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Kak Seto punya kiat khusus untuk mencegah kejahatan perdagangan anak yang masih terus marak di Tanah Air. Menurut Ketua Dewan Pembina Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ini, kejahatan perdagangan anak bisa dilakukan melalui tingkatan RT/RW.

Pengurus RT/RW, lanjut Kak Seto, dapat membentuk satgas perlindungan anak yang fokus melakukan tugas-tugas perlindungan di lingkungannya. “Pemberdayaan RT/RW menjadi bagian sangat penting dalam upaya menghadapi kejahatan perdagangan anak ini,” demikian kata pria bernama Seto Mulyadi ini.

Pernyataan Kak Seto itu menanggapi adanya pemberitaan di sejumlah media massa terkait modus baru perdagangan anak bermotif ekonomi. Para pelaku ditengarai mencari orang tua balita yang miskin, kemudian menawarkan bantuan untuk merawat dan membesarkan anaknya, namun kemudian dijual.

Terkait hal itu, KPAI telah membentuk satgas perlindungan tingkat RT/RW di sejumlah wilayah. Dia mengharapkan setiap daerah dapat melakukan hal serupa, sehingga perlindungan anak dapat dimulai dari lingkungan tempat tinggal.

“Di tingkatan RT/RW kan ada pengurus seperti ketua, sekretaris, bendahara dan lain sebagainya. Harapan kami ada satu bagian khusus yang bekerja untuk perlindungan anak,” sarannya.

author