banner 468x60

Cuaca Buruk, Distribusi Soal UN Diundur

437 views
iklan
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Penakita | SURABAYA – Buruknya kondisi cuaca dan adanya musibah banjir yang menimpa sejumlah daerah, seperti Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bojonegoro, membuat distribusi naskah soal ujian nasional (UN) di Jawa Timur diundur. Pengiriman naskah soal UN ke 38 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang sebelumnya dijadwalkan pada 10-11 April 2013, harus ditunda sehari menjadi 11-13 April 2013.

Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Dr Harun MSi, Selasa (9/4/2013). Harun mengatakan, soal pengunduran jadwal distribusi ini sudah dirembuk bersama Koordinator Pengawas Perguruan Tinggi, Ali Mufie.

Pengunduran distribusi soal UN ini bukan tanpa pertimbangan. Ada beberapa hal, lanjut Harun yang menjadi dasar keputusan ini. Selain karena kondisi cuaca dan lingkungan yang buruk, pertimbangan pertama adalah terlalu lamanya soal berada di lapangan. Kedua, dengan pengunduran ini diyakini akan meminimalisasi resiko terjadinya kerusakan naskah soal UN.

“Ya Pak Ali setuju dan sependapat, kalau memang distribusi soal UN ini harus diundur. Ini karena memang cuaca yang buruk, Sampang dan Bojonegoro banjir bandang, dan jembatan putus di Pacitan,” beber Harun kepada PENAKITA.com, Selasa (9/4/2013).

Mantan Kepala Disbudpar Jawa Timur ini menghimbau kepada seluruh kepala dindik seluruh Jawa Timur untuk selalu rajin mengontrol kondisi cuaca dan BMG di daerahnya masing-masing. “Kami juga akan selalu memberikan informasi-informasi terbaru kepada mereka. Kami selalu berkoordinasi setiap saat,” ujar Harun.

Sementara itu, distribusi soal UN untuk daerah-daerah terpencil di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sumenep telah lancar dilakukan. “Untuk ke Bawean Kabupaten Gresik tanggal 5 April, total 19 boks soal sudah dikirim. Terakhir ke Pulau Kangean dan sekitarnya di Kabupaten Sumenep kemarin 8 April, total 175 boks soal juga sudah dikirimkan,” tandas Harun. ika

author