banner 468x60

Dana BOS Yang Belum Tersalurkan Mencapai Rp 2 M

488 views
iklan

Dana Bos SMP JatimPenakita | SURABAYA – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang belum cair untuk sekolah-sekolah di wilayah Jawa Timur (Jatim) pada triwulan pertama dan kedua ternyata cukup besar. Informasi yang diperoleh PENAKITA.com menyatakan jumlahnya mencapai hampir Rp 2 miliar.

Keterlambatan pemberian dana BOS bagi 104 sekolah di Jatim, menurut Sucipto yang mengorganisir BOS di provinsi ini, ditengarai lantaran pendataan yang terlewatkan dari kabupaten/kota. Selain itu, beberapa sekolah juga masih belum memiliki izin operasional sehingga pencairan belum dapat dilakukan.

“Jika prosesnya di kabupaten/kota sudah selesai kami akan mendapat SK dari Gubernur untuk dicairkan,” kata Sucipto sambil menambahkan total anggaran yang belum tersalurkan untuk sekolah-sekolah tersebut pada triwulan I dan II lalu mencapai Rp 1.919.755.000.

Ditambahkan Sucipto, pada pencairan tahap ketiga ini, data yang digunakan masih menggunakan data triwulan kedua. Karena itu bisa saja terjadi perbedaan karena ada siswa yang masuk dan siswa yang telah lulus. Untuk hal tersebut, pada triwulan keempat nanti perbaikan data akan dilakukan.

“Jika pada triwulan ketiga ini ada tambahan siswa sebanyak 10 orang misalnya, maka penambahan BOS baru dapat dilakukan pada triwulan keempat mendatang,” pungkas Sucipto yang juga Sekretaris Dindik Jatim. ari

author