banner 468x60

Di Jakarta, SBMPTN Diikuti 17 Peserta Disabilitas

410 views
iklan

univ indonesiaPenakita | JAKARTA – Pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara nasional diikuti 590.000 peserta yang tersebar di 62 perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia selama dua hari berturut-turut, Selasa-Rabu (18-19/6/2013). Sedang ujian ketrampilan dilakukan juga selama dua hari berturut-turut Kamis-Jumat (20-21/6/2013).

Khusus di Jakarta ujian tulis SBMPTN diikuti 44.165 peserta. Rinciannya, sebanyak 17.713 peserta program Saintek, 22.755 orang (Soshum), dan 3.697 peserta dari program Campuran.

Dari jumlah itu, 17 peserta diantaranya adalah penyandang disabilitas yang ditempatkan secara khusus di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. SBMPTN wilayah Jakarta dilaksanakan di Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN).

Materi uji SBMPTN 2013 antara lain Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri dari kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sedang Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek berupa tes kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Selanjutnya Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) meliputi kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Khusus ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

“Selain itu juga ada Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani,” kata Farida Haryoko, Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI), di Depok, Selasa (18/6/2013).

Ditambahkan, UI tahun ini menerima 4.600 mahasiswa baru yang disaring melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN. Ada pula jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK) yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. Berdasarkan ketentuan, kuota penerimaan jalur SMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen dan SIMAK 20 persen.

“Untuk jalur SMPTN ada 2.300 mahasiswa yang diterima, jalur SBMPTN sebanyak 1.380 mahasiswa dan SIMAK 920 mahasiswa,” ujar Pejabat Rektor UI Muhammad Anis. dde

author