banner 468x60

Dua Gedung Perkuliahan Baru UK Petra Berkonsep Green Building

890 views
iklan

UK PetraPenakita | SURABAYA – Universitas Kristen Petra Surabaya bakal mengembangkan failitas berupa dua gedung perkuliahan dan auditorium di area kampus Jl Siwalankerto. Pemasangan tiang pancang gedung senilai Rp 200 miliar itu bakal dilakukan pada September 2013 dan ditargetkan tuntas pada tahun 2015.

Dua gedung perkuliahan berbentu V dengan konsep green building ini dibangun di gedung P yang kini jadi areal parkir kendaraan. Dua gedung tersebut, masing-masing terdiri dari 12 lantai dan 10 lantai dengan daya muat total 300 orang. Sedang auditorium berada di tengah-tengahnya.

Konsep green building yang baru pertama diterapkan kampus di Surabaya ini menerapkan sistem pemanfaatan energi listri seminimal mungkin. Konsep green building yang belum pernah ada ini diharapkan jadi ikon Surabaya di bidang akademik.

Disamping sebagai fasilitas perkuliahan, gedung itu juga dilengkapi fasilitas lounge dan sarana olahraga. “Sementara di lantai bawah dimanfaarkan untuk sejumlah laboratorium seperti laboratorium otomotif yang membutuhkan lokasisangat luas,” beber Prof Rolly Intan, Rektor UK Petra.

Menurut Rolly, pembangunan gedung baru itu untuk mengimbangi perkembangan mahasiswa yang cukup tinggi. UK Petra setiap tahun menerima mahasiswa baru sekitar 2.200 orang.

Kondisi gedung yang ada saat ini diakui Rolly sudah tidak memadai lagi. “Karena itu harus ditambah dengan gedung ini,” tutur Rolly yang jebolan Tokyo University, Jepang. ari

author