banner 468x60

Game Juga Cocok untuk Lansia

514 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Tak cuma anak-anak, remaja dan orang dewasa, ternyata bermain game dengan tujuan relaksasi guna menunjang kesehatan mental juga baik untuk orang lansia (lanjut usia). Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari North Carolina State University beberapa waktu yang lalu.

Seperti dikutip dari Medical Xpress, kegiatan bermain game yang dilakukan oleh lansia yang berusia 63 tahun adalah cara mudah untuk membuat mereka merasa bahagia. Secara kesehatan emosional, hal ini akan baik bagi kesehatan mental mereka.

Dibanding mereka yang jarang bermain game, orang sering memiliki emosi negatif dan memiliki kecenderungan yang tinggi mengalami depresi.

“Penelitian yang dipublikasikan di sini menunjukkan bahwa ada hubungan antara game dengan kesejahteraan dan fungsi emosi yang lebih baik,” kata Jason Alleire, penulis penelitian ini.

Dikutip dari VR-Zone, penelitian ini setidaknya telah dibuktikan oleh Hilda Knott. Nenek 86 tahun ini sering bermain game Grand Theft Auto IV. Dari kebiasaan ini Hilda mengaku dirinya terhindar dari kepikunan dan tetap sehat di usia senjanya. adi

author