banner 468x60

Gempur : Tidak Ada Kejujuran dalam UN

483 views
iklan
Gempur Santoso

Gempur Santoso

Penakita | SURABAYA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 kembali menuai pro kontra. Kali ini anggota Dewan Pendidikan menilai UN hanyalah komoditas politik semata, karena itu sebenarnya tidak ada nilai kejujuran sama sekali dalam pelaksanaan UN.

“UN itu justru akan memperburuk kualitas pendidikan kita. Tidak akan pernah UN itu dapat terlaksana secara jujur. Semuanya ingin lulus, takut kalau tidak lulus, jadi semua menghalalkan berbagai cara untuk dapat lulus,” tutur Gempur Santoso, anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur ketika ditemui PENAKITA.com di kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Jumat (15/3/2013).

Menurut Gempur, jika ingin pelaksanaan UN di Jawa Timur dapat berlangsung jujur, maka Gubernur Jawa Timur, Soekarwo harus turut bertanggung jawab. Gubernur, kata Gempur harus berani mengeluarkan statement bahwa siswa tak lulus UN tak jadi masalah. Tak hanya itu, sekolah yang nilai UN-nya jeblok, juga tak boleh disanksi.

“Kalau Gubernur berani mengeluarkan statement seperti itu, saya jamin beban psikologis siswa dan guru menghadapi UN sangat berkurang. Mereka takkan takut lagi tak lulus UN, dan secara otomatis, mereka lebih percaya diri untuk mengerjakan soal UN dengan jujur,” tandas Gempur.ika

author