banner 468x60

Hari Pertama UN SMP/MTs di Surabaya Lancar

481 views
iklan

uN SMPPenakita | SURABAYA – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Dr Ikhsan S Psi MM mengatakan, pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang SMP/ MTS di Surabaya relatif aman dan lancar. Bahkan, Ikhsan mengklaim tidak ada indikasi kebocoran soal dalam UN SMP/ MTS ini.

“Hari ini kami melakukan sidak ke SMPN 6 Surabaya, SMPN 39 Surabaya, SMPN 13 Surabaya, dan SMPN 35 Surabaya. Sementara ini tidak ada indikasi kecurangan dan kebocoran soal UN. Masalah kekurangan soal pun masih belum ada,” tutur Ikhsan ketika ditemui PENAKITA.com saat sidak di SMPN 35 Surabaya, Senin (22/4/2013).

Hal senanda juga dikatakan oleh Kepala SMPN 35 Surabaya, Subekti Ariyani. Wanita yang akrab disapa Bekti ini mengungkapkan bahwa tidak ada indikasi kebocoran soal dan jawaban di sekolah yang ia pimpin.

“Sampai saat ini tadi belum ada indikasi kebocoran. Buktinya, kami tadi mengamati tidak ada siswa yang terlihat menggerombol. Biasanya kalau ada isu bocoran soal, ada indikasi siswa akan bergerombol sebelum masuk. Nah, hari ini tidak ada,” tukas Bekti.

Lebih jauh Bekti melanjutkan, jikalau ada kebocoran soal, konsekuensi yang harus ditanggung siswa cukup besar. Selain, siswa dapat terkena sanksi jika terbukti melakukan kecurangan, siswa juga harus bersusah payah mencocokkan kunci jawaban dengan barkode soal.

“Kalau satu paket ada 50 soal, dengan total paket ada 20 buah. Artinya siswa harus menghafalkan sedikitnya 1.000 kunci jawaban. Kalau seperti itu kan ya memakan waktu sekali, karena siswa harus mencocokkan satu per satu. Jadi nggak mungkinlah ada bocoran soal seperti itu,” tandas Bekti. ika

author