banner 468x60

Hari Sabtu untuk Kegiatan Non Akademik

484 views
iklan

SAMPANG – Kegiatan yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gunung Sekar 1 Sampang, Madura, Jawa Timur ini bisa jadi beda dengan sekolahan sejenih. Dengan alasan mengembangkan bakat siswa, sekolah ini menetapkan hari Sabtu sebagai hari khusus untuk mengasah ketrampilan non akademik.

Muhammad Wardi, Guru Agama SDN setempat saat dikonfirmasi mengatakan, penerapan hari Sabtu sebagai hari khusus kegiatan non akademik sudah dilakukan pihak sekolah selama empat tahun terakhir. Kebijakan itu, menurut Wardi, mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan kabupaten setempat maupun orang tua siswa.

“Sebenarnya ini sudah kami terapkan sejak lama hingga saat ini, sedangkan semua pihak juga memberikan tanggapan positif,” jelas Wardi, Sabtu (26/01/2013).

Menurut Wardi, kegiatan non akademik yang diterapkan pihak sekolah salah satunya bidang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis dan atletik. Terbukti, dengan sistem pembentukan bakat seperti itu, anak didiknya sudah banyak meraih prestasi di bidang olah raga. “Dari segi olah raga, siswa kami sudah sering mengondol prestasi,” tandasnya.

Kendati demikian, Wardi mengaku kegiatan akademik atau pelajaran umum juga terus digiatkan pada anak didiknya. Sementara itu, pihaknya juga menginginkan, sistem yang dilakukan SDN Gunung Sekar 1 Sampang dapat diikuti oleh sekolah lain.

author