banner 468x60

Inggris Gudangnya Universitas Terbaik di Dunia

403 views
iklan

University_of_OxfordPenakita | INGGRIS – Jika ada pertanyaan, lembaga pendidikan atau lebih spesifiknya universitas mana yang paling baik di dunia? Hasil penelitian berdasar lembaga ranking internasional ini bisa jadi patokannya. Dalam beberapa uji kompetensi, terpilih Universitas Oxford dan Cambridge berada di peringkat atas.

Seperti dikutip dari BBC, dalam hal mata pelajaran dan sistem akademisi, ada beberapa hal yang membuat kedua universitas tersebut pantas berada di peringkat teratas. Dalam hal ini universitas Oxford yang menempati peringkat teratas memiliki beberapa jurusan terbaik.

Diantaranya jurusan bahasa dan sastra Inggris, filosofi, bahasa-bahasa dan geografi modern berdasarkan Ranking Universitas Dunia QS. Sementara itu, diperingkat kedua, universitas Cambridge terunggul untuk jurusan Matematika, Linguistik dan Sejarah.

Menurut Ben Sowter, salah seorang peneliti dari QS, hasil penelitian yang menempatkan dua universitas dari Inggris ini didasarkan oleh beberapa faktor. Di antaranya, sistem pelajaran, penggunaan materi refrensi untuk berbagai bidang ilmu di seluruh dunia, dan kualitas lulusan kedua universitas ini mendapat pekerjaan.

“Saat Inggris dan pemerintah di seluruh dunia bergerak mendekati model pendanaan pendidikan tinggi ‘mahasiswa membayar’, besarnya kesempatan mendapatkan pekerjaan menjadi semakin penting bagi para wisudawan,” kata Sowter.

Selain kedua universitas asal Inggris ini, ada satu lagi universitas dengan kualitas jurusan terbaik. Atau dalam hal ini Imperial College London. Dalam survei yang mempengaruhi tingkat ratting, universitas ini dinobatkan menjadi perguruan tinggi terbaik dunia dalam bidang Teknik Sipil dan 17 universitas Inggris lainnya masuk dalam 20 besar untuk setidaknya satu jurusan.

Beberapa universitas Inggris lain yang masuk dalam daftar 10 besar terbaik dunia versi QS adalah London School of Economics (LSE), Durham, University College London (UCL) dan Manchester. adi

author