banner 468x60

Ini Akibatnya Jika Kurang Merawat Kuku dengan Baik

466 views
iklan

1362223569Penakita | OREGON – Tak cuma lebih sedap dipandang, kebiasaan membersihkan kuku adalah kunci menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena seperti tangan, bagian ini sering menjadi bagian tempat tumbuh dan berkembangnya kuman, bakteri dan virus yang dapat membuat kita gampang jatuh sakit.

Hal ini umumnya sering diperparah dengan luka infeksi di kuku. Kondisi ini membuat seseorang lebih mudah sakit, ketimbang mereka yang rutin membersihkan setiap hari. MenurutĀ  Profesor dermatologi klinis di Oregon Health Science University, dr Phoebe Rich, kesehatan kuku yang ideal perlu dijaga kelembabannya.

“Pastikan untuk memberikan krim pelembab secara teratur. Selalu lindungi kutikula Anda. Jangan pernah memotong atau menarik dengan paksa kutikula Anda, karena akan memicu infeksi. Jika memang harus menghilangkan kutikula, lakukan dengan lembut setelah mandi. Saat itu, kutikula sedang dalam keadaan lunak, sehingga lebih mudah dicabut,” ujarnya.

Rich menambahkan, untuk memelihara kuku, dan mempercantiknya, tak ada salahnya untuk berkunjung sesekali ke salon. Atau setelah membersihkannya sendiri, Anda dapat menggunakan gelatin untuk memperkuat kuku agar tidak mudah rusak dan patah.

Selain itu, kesehatan kuku juga dapat dirawat dari dalam, yakni dengan konsumsi vitamin B, Seng dan sulika dalam menu konsumsi harian. adi

author