banner 468x60

Ini Kunci Sukses Siswa SMAN 3 Kota Malang Lolos SNMPTN

589 views
iklan

sma negeri 3 malangPenakita | MALANG – Nilai rapor yang stabil adalah kunci utama meningkatnya tingkat kelulusan siswa di SMA Negeri 3 Malang di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tahun 2013 ini, sebanyak 83 siswa dari SMA yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Utara tersebut masuk PTN jalur SNMPTN.

“Saya selalu beri motivasi agar nilai rapor murid-murid tetap stabil dan tidak fluktuatif. Kalau bisa sih meningkat,” tandas M Sulthon, Kepala SMAN 3 Kota Malang.

Agar bisa stabil, menurut Sulthon, setiap siswa tidak boleh lengah dan harus menjaga semangat belajar agar tidak kendor. “Itu yang sulit. Karena biasanya, kalau sudah merasa bagus lalu lalai, sehingga satu saat nilainya merosot. Kalau begini, kecil kemungkinan lolos SNMPTN,” paparnya.

Terpisah, Novika Fajarini, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 10 Kota Malang menyatakan, banyaknya siswa SMAN 10 yang lolos kuliah di luar negeri karena siswanya tersebut yang menggali informasi dan mencoba peluangnya masuk di perguruan tinggi di luar negeri. “Sebelum mendaftar, mereka ikut tes scholastic aptitude test (SAT) sebagai syarat melamar di kampus luar negeri. Dan ternyata nilai mereka lebih dari 1.200,” tutur Novika.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 10 siswa dari empat SMA di Kota Malang berhasil melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di luar negeri. Dari 10 siswa tersebut, lima orang diantaranya dari SMAN 10. Rinciannya, tiga siswa kuliah di Amerika Serikat, dan dua lainnya di Jerman. sum

author