banner 468x60

Ini Tips Agar Anak Tumbuh Cerdas

439 views
iklan

anak paudPenakita | JOMBANG – Mendampingi anak-anak usia dini diperlukan metode dan teknik yang tak hanya bisa membuat mereka senang, tapi juga mampu merangsang perkembangan otak anak. Agar bisa senang, maka sang anak tersebut harus diajak bernyanyi dan bermain.

Hal itu diungkapkan Dr Lilis Suryani (35), konsultan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sabtu (22/6/2013). “Anak-anak perlu diajak bernyanyi sambil menari, bermain dengan permainan yang mengajarkan kerjasama dan permainan anak-anak yang melatih saraf motorik,” tutur Lilis Suryani, dihadapan 1.500 peserta seminar yang notabene para guru PAUD.

Tampil sebagai pembicara seminar guru PAUD yang digelar DPP Badan Rescue Nasional Demokrat di auditorium Undar Jombang, Lilis Suryani menambahkan,”Sistem pembelajaran pada anak usia dini juga jangan sampai memaksakan anak untuk belajar baca, tulis dan hitung.

Menurut jebolan S3 PAUD UNJ ini, usia 0-6 tahun disebut juga usia emas atau golden age. Pada usia dini itulah kecerdasan intelektual, emosional dan sosial anak-anak mulai terbentuk. Karenanya, saat mendampingi anak usia dini, para pendamping PAUD diharapkan bisa merangsang agar otak anak berkembang secara optimal.

Ditambahkan pula, di fase pembentukan otak anak-anak ini, diperlukan sikap yang luwes dalam mengajak anak-anak belajar. “Seorang anak tidak boleh dipaksa. Selain itu, dalam mendampingi anak PAUD, para pendidik tidak perlu bersifat kaku,” pungkasnya. sum

author