banner 468x60

Jalan Kaki Bisa Tambah Usia 7 Tahun

437 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap rahasia umur panjang yang dapat dibuktikan secara medis. Jalan kaki, dalam studinya, kebiasaan ini rupanya dapat menambah usia kita 2-7 tahun lebih lama.

Seperti dikutip dari laman Health, sebuah penelitian yang dilakukan oleh US National Cancer Institute mengungkap, rahasia ini adalah kebiasaan jalan kaki. Kegiatan ini akan memberi banyak dampak positif pada seseorang.

“Ada hubungan sebab akibat antara aktivitas fisik dan usia harapan hidup. Jika saat ini Anda tidak melakukan aktivitas fisik, maka akan menjadi permasalahan yang akan Anda hadapi kelak saat usia tua, dan mengurangi harapan hidup lebih lama Anda,” kata Steven Moore, peneliti dari National Cancer Institute.

Dia menambahkan, hal ini dikarenakan kebiasaan ini dapat menjauhkan seseorang terhadap beberapa penyakit fatal, seperti penyakit jantung dan kanker. Penelitian ini sendiri telah diterbitkan secara Online di jurnal PLoS Medicine

Dalam penelitian, para ilmuwan mengungkap manfaat jalan kaki selama 75 menit seminggu, dapat menambah usia skeseorang hingga 1,8 tahun, dengan penurunan 19% risiko kematian. Sementara kegiatan yang dilakukan hingga 150-299 menit seminggu, akan menambah harapan hidup sampai 3,4 tahun. Dan kegiatan yang berjalan hingga 450 menit seminggu akan menambah harapan hidup sampai 4,5 tahun.

Dr David Katz, direktur Yale University’s Prevention Research Center mengatakan, peningkatan terbesar dalam harapan hidup, lebih dari tujuh tahun, terlihat pada orang yang baik secara rutin aktif dan menjaga indeks massa tubuh (BMI) di angka yang disarankan.

author