banner 468x60

Jatim Gagal Masuk 10 Provinsi Peraih Nilai Rerata Terbaik SBMPTN

441 views
iklan

SBMPTN1Penakita | JAKARTA – Jawa Timur (Jatim) tidak termasuk dalam daftar 10 provinsi dengan nilai rerata peserta Saintek tertinggi yang diterima perguruan tinggi negeri (PTN) di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ironisnya, Jatim juga gagal masuk daftar provinsi dengan nilai rerata sosial humaniora (Soshum) tertinggi.

Hasil seleksi 10 provinsi dengan nilai rerata peserta saintek tertinggi yang diterima PTN adalah DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

Sedang hasil seleksi 10 provinsi dengan nilai rerata peserta soshum tertinggi yang diterima berturut-turut yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Rilis tersebut melengkapi pengumuman Panitia SBMPTN sebelumnya yaitu peraih nilai tertinggi Saintek dan Soshum yang diterima PTN. Dalam kesempatan yang sama, Panitia SBMPTN juga merilis 10 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 10 PTN penerima beasiswa bidik misi terbanyak.

Menurut Prof Akhmaloka, Ketua Umum SBMPTN, 10 PTN penerima beasiswa Bidik Misi terbanyak adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jember (Unej), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Sedang PTN dengan nilai rerata peserta saintek tertinggi yang diterima, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Airlangga (Unair), UNS, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Untuk PTN dengan nilai rerata peserta Soshum tertinggi yang diterima adalah UI, ITB, UGM, Unpad, Undip, Unair, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Sriwijaya, UNS, dan UNY.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, peserta yang meraih nilai ujian tertinggi untuk kelompok ujian Saintek diterima di Fakultas Teknologi Industri ITB. Sedangkan untuk kelompok ujian Soshum diterima pada Program Studi Akuntansi UI.

“Mereka tertinggi dari peserta di seluruh Indonesia,” ungkap Akhmaloka saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (8/07/2013). dde

author