banner 468x60

Jatim Masuk 5 Besar Nilai UN Terbaik Nasional

392 views
iklan

ujianPenakita | SURABAYA – Jawa Timur (Jatim) berada di posisi lima besar nilai rata-rata ujian nasional (UN) SMP/MTs 2013. Nilai yang diperoleh Jatim 6,61, masih kalah dibanding DKI Jakarta (7,50), Sumatera Utara (7,10), Sumatera Selatan (6,75), dan bahkan Papua Barat (6,67).

Meski hanya diperingkat lima, hasil ini diakui Harun, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim tetap membanggakan karena nilai rerata itu perbandingan seluruh nilai siswa se-jatim. Sementara peserta UN Jatim terbanyak nasional, artinya pembaginya pun sangat besar.

Kondisi ini tentu berbeda dengan Papua yang jumlah pesertanya tidak sebanyak Jatim. “Bagaimana pun peringkat ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang berada di delapan besar,” tegas Harun, Jumat (31/5/2013).

Sementara untuk tingkat kelulusan, dari 540.003 siswa, hanya ada 417 siswa yang tidak lulus (0,08 persen). “Ini juga lebih baik dibandingkan tahun lalu yang tingkat kelulusannya 99,84 persen,” ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata Jatim ini.

Harun menambahkan salah satu sekolah di kabupaten Sampang yakni SMPN Nurul Ulum mendapat predikat sebagai sekolah yang tingkat kejujurannya paling bagus nasional. Ini terlihat dari nilai UN murni yang lebih tinggi dibandingkan nilai sekolah.

Sekolah ini mencatat nilai UN rata-rata 8,76 sementara nilai sekolah yang disetorkan ke dikti 7,09. “Ini bukti kejujuran sesungguhnya karena biasanya yang terjadi sekolah menyetor nilai lebih tinggi dibandingkan nilai UN. Tapi ini malah nilai UN-nya lebih tinggi,” tuturnya.  ari

author