banner 468x60

Juni 2013, SMAN Ini Mengirim Muridnya Belajar di Thailand

416 views
iklan

thailand d malangPenakita | MALANG – Sebanyak 43 orang guru dan kepala sekolah dari Kantor Layanan Pendidikan Tingkat Lanjut Wilayah 42, yang membawahi Provinsi Nakhonsawan dan Uthai Thani, Thailand mengadakan kunjungan secara khusus di SMA Negeri 3 Malang, Kamis (9/5) lalu. Kedatangan mereka untuk studi banding, sekaligus pengukuhan kerjasama SMAN 3 Malang dengan Nakhonsawan School Thailand.

“Kedatangan kami ini bagian dari persiapan Asean Community, khususnya di dunia pendidikan. Kami juga ingin belajar bahasa dan budaya Indonesia,” kata Phenjarat Singthong, Kepala Sekolah Nakhonsawan School Thailand.

Para guru dari Thailand ini juga akan belajar cara pengajaran di SMAN 3 Malang dan dikomparasikan dengan cara yang digunakan di Thailand selama ini.“Nantinya ada komunitas pendidikan di Asean. Itu yang sedang kami rintis dari sekarang,” ujarnya.

Menurut Phenjarat, Indonedia dipilih karena kemiripan budaya. Suasana Malang pun dinilai tidak jauh beda dengan Thailand. Begitu pula karakter dan perilaku warganya.

“Kemiripan budaya ini yang memudahkan kedua pihak untuk bisa bersosialisasi,” tuturnya.

Sebagai wujud kerjasama ini, dilakukan pertukaran pelajar. Sebelumnya (tahun 2012) siswa Nakhonsawan School yang dikirim ke Malang. Selanjutnya, Juni 2013 SMAN 3 Malang mengirimkan 22 siswanya ke Thailand.

“Kami sudah menjalin kerjasama sejak 2011,” cetus M Suthon, Kepala SMAN 3 Malang. Ditambahkannya, kerjasama ini telah memberikan manfaat bagi pembelajaran di antara SMA favorit di Kota Malang ini. ari

author