banner 468x60

Kesadaran Kurang, Banyak Buku Perpustakaan Tak Kembali

406 views
iklan

buku2Penakita | SUMENEP – Kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan buku, khususnya buku milik perpustakaan pemerintah masih sangat kurang. Di Perpustakaan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, misalnya. Koleksi buku di perpustakaan di kota itu tak hanya tak pernah tambah. Yang memprihatinkan malah banyak yang raib.

Bahkan data dari Perpustakaan Umum tersebut menunjukkan adanya 600 buku yang tak diketahui rimbanya. Buku yang hilang itu terhitung sejak 2008 hingga 2013.

“Buku-buku itu ada di sekitar 300 orang anggota perpustakaan dan hingga kini tak kembali. Selain itu, ada pula yang hilang karena dicuri,” tutur Agus Dwi, Kepala Perpustakaan Daerah Sumenep, Senin (20/5/2013).

Padahal, diakui, keberadaan buku itu sangat penting guna dipakai sebagai rujukan masyarakat. “Kami tetap melakukan upaya agar buku koleksi perpustakaan itu bisa dikembalikan dengan meminta kesadaran pada para peminjam,” ujar Agus.

Menurut Agus, anggota Perpustakaan Daerah itu rata-rata meminjam dua buah buku. Bila ada 300 anggota yang tidak mengembalikan buku yang dipinjamnya, maka sedikitnya 600 buku koleksi perpustakaan itu yang belum bisa digunakan oleh anggota perpustakaan lainnya.

“Selain buku yang belum dikembalikan anggota, ada pula buku yang hilang dan tidak jelas dimana dan siapa peminjamnya,” cetusnya.

Mengenai terbatasnya buku koleksi perpustaan tersebut, Agus mengaku penambahan koleksi tergantung anggaran pemerintah. Namun, selain itu, pihaknya juga menerima buku-buku sumbangan dari pihak-pihak tertentu.  ari

author