banner 468x60

Kinerja Buruk, Guru Bisa Jadi TU

457 views
iklan

SURABAYA – Dinas Pendidikan Jawa Timur Kamis (31/1/2013) memanggil seluruh Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dari 38 kota dan kabupaten. Mereka tidak saja diminta memberi motivasi dan semangat agar seluruh guru di daerahnya meningkatkan kinerja, tapi juga mampu meredam gejolak guru menyusul ancaman guru yang bisa dibebastugaskan jika kinerja mereka buruk.

Jika mereka tak memenuhi kualifikasi dan kompetensi, para guru bisa diadministrasikan atau bisa menjadi TU. Ditunggu lima tahun dari tahun ini jika tak naik pangkat, dia dikotak.

“Kami akan sosialisasikan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada seluruh Kepala Bidang Ketenagaan dari seluruh kabupaten dan kota. Kita sampaikan bahwa guru bisa dibebastugaskan jika kinerja selama lima tahun buruk,” kata Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dinas Pendidikan Jatim Nur Srimastutik, Kamis (31/1/2013).

Setidaknya empat kompetensi guru harus diperhatikan. Yakni kemampuan pedagogik (memahami anak didik secara utuh), sosial, pengembangan diri, dan profesional (bidang studinya).

author