banner 468x60

Leap Motion, Beri Perintah Komputer Lewat Gerakan Tubuh

409 views
iklan

leapPenakita | SURABAYA – Sistem navigasi komputer kian bervariasi. Setelah terbiasa menggunakan mouse, atau pengalaman navigasi sentuh (touchscreen), maka sebentar lagi akan diperkenalkan pada Leap Motion. Seperti teknologi yang digunakan dalam konsol game XboX 360 dengan kinect-nya, teknologi ini menggunakan sistem kamera pembaca gerak, yang diaplikasikan dalam navigasi komputer.

Seperti halnya teknologi perangkat layar sentuh, teknologi Leap Motion digerakkan dengan gestur tubuh. Seperti fungsi Click, Drag, Scroll dan Swipe dengan perintah jari. Hanya saja, dengan perangkat ini kita tak perlu mendekatkan tangan ke layar, cukup lakukan gerakkan dalam jarak tertentu di depan layar, fungsi navigasi komputer sudah bisa dilakukan.

Seperti dikutip dari Verge, perangkat ini dikembangkan oleh sebuah perusahan IT yang fungsinya bisa compatible digunakan untuk produk Microsoft, seperti Windows 7 dan Windows 8. Dan hebatnya, perangkat ini dirilis dalam bentuk perangkat lunak. Yang artinya, untuk menggunakan perangkat ini, Anda cukup menginstal software khusus untuk menikmati pengalaman multi-touch gesture.

Perangkat ini sekarang dikabarkan sedang menunggu penyempurnaan dan segera dirilis dalam beberapa saat kemudian. Jika tak ada halangan, Leap Motion akan dirilis para 22 Juni 2013 untuk perangkat lunak yang mendukung fungsi sistem operasi Produk Windows.

Bukan kali pertama, Leap Motions, bukan navigasi pembaca gestur tubuh yang dikenalkan sampai saat ini. Beberapa waktu yang lalu, juga dikenalkan eyes tracking (Sistem navigasi dengan membaca gerak mata). Perangkat ini kabarnya sedang dalam pengembangan dan jika sempurna, seperti Leap Motion, teknologi ini segera bisa digunakan.  adi

author