banner 468x60

Lebih Baik Bikin Blog daripada Akun Facebook

413 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Seperti mainan, kadang anak merengek minta dibuatkan akun Facebook atau sosial media yang lain. Celakanya, kadang meski kita tak memenuhinya, mereka justru dapat membuatnya sendiri berkat bantuan teman-temannya. Pertanyaannya, apakah sah jika anak lebih dini memiliki pengalaman di jejaring sosial?

Umumnya, anak ingin punya media sosial karena pengaruh pressure peer group, atau pengaruh yang kuat dari teman-teman. “Ini didorong perasaan kompetisi anak yang tinggi,” kata psikolog Roslina Verauli.

Pengalaman anak dengan sosial media pada dasarnya layak diberikan, asal, mereka mendapatkan hal ini beserta bimbingan langsung dari orangtua. Selain itu, sebelum memberi izin mereka mendapat pengalaman ini, tak ada salahnya Anda memperhatikan fokus anak dalam menggunakan media sosial.

Untuk keperluan game, seperti Farmville dan sebagainya, beri mereka akun Anda untuk mendapatkan fasilitas ini di Facebook. Selain itu, sesuaikan pemilihan game dengan karakteristik anak, dan tidak mengandung konten bermuatan yang tak pantas.

Jika keperluan mereka untuk mengupload foto, arahkan kebiasaan ini ke blog, jangan ke media sosial. Tak ada salahnya Anda membantu anak membuat dan merancang blog pribadinya sendiri. Media blog dirasa lebih baik karena tidak berhubungan dengan orang-orang tak dikenal.

Jangan berikan akses penuh ke media sosial bagi anak yang tak cukup umur. Karena ini sama artinya dengan memberi kesempatan anak menyetir mobil tanpa Anda terlebih dahulu mengajarinya cara menyetir yang baik dan benar.

author