banner 468x60

Lewat SSN Orangtua Bisa Pantau Perkembangan Akademis Anaknya

429 views
iklan
Shelgi Prasetyo dan Mirza Eka, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Surabaya

Shelgi Prasetyo dan Mirza Eka, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Surabaya

Penakita | SURABAYA – Para orangtua yang sibuk bekerja tak perlu lagi khawatir tak dapat memantau perkembangan prestasi akademis dan pendidikan anak mereka di sekolah. Sebab, dua mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Surabaya, Shelgi Prasetyo dan Mirza Eka menciptakan aplikasi yang bisa mempererat hubungan orangtua dan guru.

“Untuk bergabung dalam aplikasi jaringan ini, para orangtua harus mendaftar dulu ke sekolah yang bersangkutan, baru bisa mengakses dan menggunakan aplikasi ini. Kalau guru, karyawan, dan siswa bisa langsung log in dan mengakses aplikasi ini,” tutur Mirza kepada PENAKITA.com, Kamis (21/3/2013).

Sistem informasi bernama School Social Network (SSN) yang diadopsi dari aplikasi Facebook (FB) ini memiliki banyak fitur dan keunggulan. Satu di antaranya adalah adanya sistem informasi akademik. Pada item akademik ini memuat beberapa ikon lain, seperti biodata, rapor, history, dan buku penghubung.

Cara mengakses SSN dan sistem informasi akademik ini sangat mudah. Setelah mengakses halaman beranda melalui sign in ID, para orangtua dapat memilih fitur akademik dengan mengkliknya.

“Setelah itu bisa sign in lagi dengan mengetik nama anak mereka. Dari situ mereka bisa lihat biodata anak mereka melalui ikon biodata, atau melihat nilai rapor anak dengan klik ikon rapor dan menyebutkan kelas dan semesternya,” beber Mirza.

Selanjutnya, jika orangtua ingin melihat grafik perkembangan prestasi akademik anaknya, dapat mengklik ikon history. Sementara kalau ingin berhubungan langsung dengan guru yang bersangkutan, orangtua tinggal mengetikkan pesannya pada ikon buku penghubung.

“Sementara ini aplikasi ini telah kami ujicobakan di Sekolah Internasional Al-Azhar Surabaya,” tukas mahasiswa jurusan Sistem Informatika Stikom ini.

Mirza menambahkan, SSN ini hadir dalam dua versi. Versi website aplikasi dan versi aplikasi android. “Kalau orangtua tidak sempat membuka laptop, mereka bisa menggunakan handphone berjenis android untuk akses online SSN. Versi mobile justru lebih simpel dan lebih mudah,” tandasnya. ika

 

author