banner 468x60

Lulus SNMPTN Tapi Masih Mau Ikut SBMPTN? Ini Akibatnya!

447 views
iklan

SNMPTNPenakita | JAKARTA – Siswa yang sudah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tetap punya kesempatan untuk ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Apalagi bagi mereka yang tidak puas karena tidak lulus di pilihan pertama di SNMPTN.

Namun, bila hal itu dilakukan, status kelulusannya di SNMPTN dinyatakan gugur. Karena itu, menurut Akhmaloka, Ketua SNMPTN, siswa yang sudah dinyatakan diterima di SNMPTN dan masih berniat mendaftarkan diri di jalur SBMPTN harus berpikir ulang.

Ditegaskan Akhmaloka, pihaknya sangat ketat dalam mengawasi setiap siswa yang sudah diterima di jalur SNMPTN dan kemungkinan mendaftar ulang ikut SBMPTN. “Siswa itu pasti akan kami coret namanya di SNMPTN,” ujar Rektor ITB ini.

Ditambahkan pula, ketegasan itu dalam upaya memberi peluang secara luas pada siswa yang belum lolos di jalur SNMPTN, baik di pilihan pertama maupun kedua. Akhmaloka lalu menyarankan agar siswa yang sudah lolos SNMPTN segera mempersiapkan diri untuk menghadapi verifikasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) yang bersangkutan atas data-data akademik, serta kemampuan ekonomi siswa tersebut.

“Kalau dinyatakan lolos verifikasi, baru ditetapkan sebagai yang diterima dan bisa mendafar sebagai mahasiswa baru,” tandasnya.

Sedang bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN bisa segera melakukan pendaftaran di jalur SBMPTN yang sudah dibuka sejak 13 Mei lalu, dan ditutup pada 7 Juni mendatang. Tes tulis jalur SBMPTN akan dilakukan 18-19 Juni serta 20-21 Juni 2013.  dde

author