banner 468x60

Mi.Ba.K.S.O : Tips Memilih Jurusan Kuliah/Profesi Pasca SMA

436 views
iklan

konsultasiMenetapkan pilihan jurusan kuliah harus didasari pemikiran ideal namun harus tetap rasional. Ideal artinya siswa boleh saja mematok pilihan jurusan paling favorit, paling prospektif, paling menjanjikan di masa depan. Namun hal itu harus dibarengi pemikiran rasional, yaitu harus menyesuaikan dengan kemampuan diri : kesiapan materi, kemampuan berpikir, kesehatan/ kondisi fisik, keberbakatan, kondisi finansial, kesesuaian dengan cita-cita, daya jangkau, dan sebagainya.

Punya rencana pilihan jurusan yang ideal namun tanpa persiapan belajar cukup dan strategi yang tepat adalah hal yang sulit terwujud. Waspadalah : memilih jurusan karena pengaruh kuat dari orang lain tanpa pertimbangan yang masuk akal dan jelas, biasanya berbuntut penyesalan panjang. Jadi, lebih baik tetapkanlah pilihan jurusan kuliah atas dasar pertimbangan, persiapan, dan kesesuaian potensi diri Anda sendiri. Sebab, Andalah yang lebih tahu tentang diri Anda.

M I N A T
Minat atau keinginan yang kuat biasanya dimiliki siswa yang telah menyusun target-target kehidupan yang terencana. Minat untuk memilih jurusan dapat kalian tanyakan pada diri sendiri : Waktu kecil dulu aku punya cita-cita ingin menjadi pilot, atau dokter, atau insinyur, atau perancang busana, atau diplomat, atau penyanyi, atau artis, dan sebagainya. Pada saat sekarang, masihkah Anda mencita-citakan atau mengharapkan hal tersebut terpenuhi?

Semakin kuat harapan atau keinginan Anda untuk merebut target cita-cita tersebut, semakin kuat pula motivasi diri Anda untuk rajin belajar dengan gigih agar dapat meraihnya. Semakin spesifik Anda menyebutkan titik target jurusan Anda, semakin fokus dan mudah Anda menetapkan pilihan jurusan yang match. Dapat diumpamakan, menentukan minat pilihan jurusan kuliah sama dengan menentukan pilihan jodoh hidup Anda. Minat menempati posisi paling penting sebelum Anda menetapkan pilihan jurusan yang Anda cita-citakan.

B A K A T
Seseorang dianggap berbakat pada suatu hal bila dia bisa/terampil melakukan hal tersebut dan sekaligus suka/enjoy. Dari bakat seseorang terkadang dihasilkan suatu prestasi yang gemilang. Deskripsi keberbakatan seseorang bisa menyangkut berbagai hal. Sejak remaja Bung Karno berbakat sebagai seorang orator, Rudi Choirudin berbakat di bidang tataboga, Rudi Hadisuwarno berbakat di bidang tatarambut, Rudi Salam berbakat sebagai pemain drama/sinetron, Rudi Habibie bakat di bidang sains-fisika, Rudi Voeller bakat main sepakbola sedangkan Rudi Hartono bakatnya cemerlang di bulutangkis.

Keberbakatan yang dimiliki seseorang, biasanya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Anda yang bakat di bidang informatika cenderung suka, bisa, dan sering menghabiskan waktu berlama-lama di depan komputer atau mengotak-atiknya hingga tahu seluk-beluk dalamnya komputer. Teori dan fakta masa sekarang telah membuktikan bahwa bakat atau talenta ternyata dapat diciptakan atau dapat dibuat tanpa terlalu tergantung pada kemampuan potensial saja atau rentang waktu usia seseorang. Bahkan banyak bukti menunjukkan berbagai bakat bisa dibentuk pada setiap orang, pada setiap kesempatan usia.

K E M A M P U A N
Untuk persiapan menghadapi SPMB, diperlukan 3 kemampuan utama : kemampuan fisik-kesehatan, kemampuan finansial-material, dan kemampuan/ kesiapan materi ujian. Jurusan-jurusan seperti teknik pertambangan, geologi, kehutanan, farmasi, teknik kimia, dsb. sebagian besar menuntut kemampuan fisik/ kesehatan yang prima karena banyak melakukan praktikum lapangan/laboratorium yang banyak menguras tenaga fisik.

Mau kuliah di jurusan kedokteran gigi? Siapkan dana yang cukup selama kuliah untuk belanja alat-alat medis yang cukup mahal. Jurusan arsitektur, desain, dsb. memerlukan duit yang tidak kecil untuk beli alat-alat gambar. Terakhir, persiapan kemampuan penguasaan materi ujian SPMB yang meliputi pelajaran-pelajaran strategis dan khusus. Agar peluang lulus menjadi lebih besar, kuasai segera materi pelajaran khusus Kemampuan Dasar : Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Serta mata pelajaran kekhususan jurusan : yang milih Kedokteran usahakan nilai Biologi & Kimianya bagus, mau pilih teknik informatika atau elektro optimalkan skor matematika & fisika, pilih ekonomi harus bagus nilainya di pelajaran matematika, bahasa Inggris, dsb. Waspadai dan pelajari : pada tahun ajaran 2013 ini beberapa perguruan tinggi sudah menerapkan tes potensi akademik/ TPA yang menguji kemampuan nalar-logika, kemampuan elaborasi, verbal, hitung-aritmatika, analogi, kecepatan, dan ketepatan menyelesaikan soal.

S U P P O R T  –  S U R V E Y  –  S T R A T E G IS
Dorongan/ support motivasi yang kuat dari orang-orang di sekeliling siswa dapat memuluskan jalan siswa meraih sukses lulus SPMB. Support positif dapat dibangun melalui : perhatian, pendampingan, pembimbingan, penyokongan, penyediaan sarana, dan penciptaan situasi lingkungan belajar yang kondusif. Untuk lebih memantapkan motivasi sukses, lakukan survey / kunjungan ke jurusan dan perguruan tingi yang Anda pilih.

Banyak hikmah dan wawasan positif yang bakalan bisa mendorong ke”ngebet”an dan keinginan segera untuk meraih sukses dan lulus di jurusan pilihan idaman Anda. Strategi meletakkan pilihan jurusan di pilihan 1, 2, 3 harus mempertimbangkan aspek peluang kemungkinan lulus tinggi, sedang, atau rendah. Peletakan urutan yang gradatif (berurutan dari pilihan dengan grade tertinggi ke jurusan dengan grade yang lebih rendah) akan memperbesar peluang lolos.

O R I E N T A S I
Orientasi atau tujuan masa depan dari jurusan yang dipilih dengan target pribadi/ harapan siswa harus selaras dan serasi. Mau mengabdikan ilmu untuk meningkatkan kualitas kesehatan silakan pilih jurusan yang berhubungan dengan medis, kesehatan masyarakat, keperawatan, psikologi, dsb. Ingin siap berwirausaha/ bisnis global, silakan ambil jurusan bisnis, manajemen, teknik industri dsb. Berharap bisa ikut berperan menciptakan penemuan-penemuan baru di bidang informatika silakan pelajari di jurusan ilmu komputer atau teknik informatika, teknik fisika, dsb.

Jadi untuk sinkronisasi rencana pilihan dan orientasi studi ke masa depan, pertimbangkan dan pelajari sebanyak mungkin peluang-peluang perkembangan global, multidimensi ilmu, serta multikultural yang sedang menjadi mainstream dunia dewasa ini. Bekali diri sebanyak mungkin untuk mengantisipasi orientasi zaman dan orientasi hidup Anda pascalulus sarjana kelak. Kata kunci yang paling pas untuk mendukung kesiapan orientasi siswa ke masa depan adalah bersiaplah menghadapi perubahan, bangun struktur kecerdasan intelektual dan sekaligus kecerdasan emosional yang tangguh, punyai sikap kemandirian, dan asah kemampuan untuk mengatasi problematika dengan cara solusi yang efektif.

author