banner 468x60

Mendikbud Hapus Bea Masuk Perguruan Tinggi

428 views
iklan

SURABAYA – Mendikbud, Mohammad Nuh berencana membebaskan biaya pendaftaran masuk Perguruan Tinggi di Indonesia pada tahun 2013 ini. Namun untuk itu, M Nuh saat ditemui di kampus ITS mengatakan bakal menambah varian soal dalam Ujian Nasional pada 2013. Jika sebelumnya hanya 5 varian, akan menjadi hingga 20 varian dengan tujuan mempersulit siswa didik melakukan kecurangan.

Selain itu, mantan Rektor ITS itu juga bakal mengutamakan nilai raport dan hasil tes untuk memperketat penyaringan. “Kami ingin pelajar khusuk mengerjakan soal,” kata Nuh, Sabtu (26/1/2013).

Ditambahkan, untuk membebaskan biaya pendaftaran di Perguruan Tinggi, pihaknya mengaku telah sepakat dengan perguruan tinggi negeri di Indonesia. Sebab menurutnya, bagi sebagian masyarakat biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu, bukan suatu beban. Namun bagi masyarakat menengah ke bawah, hal tersebut tentu menjadi batu ganjalan untuk mendaftarkan anaknya agar bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Sementara itu, menjelang SNMPTN 2013, Kemendikbud juga segera merilis buku Menu Perguruan Tinggi pada bulan Februari mendatang, lengkap dengan nama-nama seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia beserta biayanya. “Dengan buku panduan lengkap itu, seluruh bakal calon mahasiswa akan dengan mudah memilih kampus favoritnya,” pungkasnya.

author