banner 468x60

Mengkhawatirkan, Tren Siswa SMKN 2 Surabaya Ikut SNMPTN

460 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Ada yang menarik pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Selain, untuk pertama kalinya dilaksanakan secara online dan gratis, SNMPTN 2013 juga banyak diminati siswa-siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Hal inilah yang terjadi di SMKN 2 Surabaya. Di sekolah yang satu ini, minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah sangat tinggi. Bahkan, mengalami peningkatan drastis dari tahun sebelumnya, yakni 5 persen menjadi 90 persen dari total siswa kelas XII sebanyak 600 anak.

“Biasanya tiap tahun, siswa-siswa kami lebih banyak yang tertarik untuk langsung bekerja setelah lulus. Tiap tahun, tidak lebih dari 5 persen saja yang melanjutkan kuliah. Tapi tahun ini meningkat drastis, mencapai 90 persen,” papar Kepala SMKN 2 Surabaya, Drs Bahrun ST MM kepada PENAKITA.com, Senin (4/3/2013).

Tahun ini, menurut Bahrun, banyak siswanya yang menjadikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) sebagai pilihan utama tempat melanjutkan pendidikan. Namun, Bahrun mengakui sedikit khawatir jika siswanya tidak bertanggung jawab atas pilihan mereka tersebut.

“Tren baru ini sebenarnya membuat takut juga. Saya khawatir mereka hanya asal-asalan saja mencoba daftar SNMPTN 2013. Kalau benar, akan berdampak negatif pada siswa dan sekolah kami di tahun mendatang. Saya harap siswa saya tidak main-main melakukan pendaftaran tersebut,” tandas Bahrun. ika

author