banner 468x60

Minim Minat Siswa Masuk Sekolah Kejuruan di Kota Ini

441 views
iklan

PPDB Kota probolinggoPenakita | PROBOLINGGO – Pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Probolinggo ternyata masih belum begitu diminati. Ini terbukti, dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berakhir, Selasa (9/7/2013), sebanyak 189 kursi SMK Negeri di kota tersebut masih kosong.

Dari empat SMKN, hanya dua SMKN yang pagunya terisi secara memadai. Sedang di SMKN 3 dan SMKN 4, pagu siswa barunya belum terisi penuh.

Dari 288 kursi yang disediakan di SMKN 3 hanya terisi 190 siswa. Sekolah di Jl Pahlawan itu membuka jurusan perhotelan, busana butik, jasa boga, dan kecantikan (tata) rambut.

Kondisi yang sama dialami SMKN 4 yang membuka jurusan nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan, multimedia, teknik kendaraan ringan, dan teknik pengelolaan hasil perikanan. Dari pagu 252 siswa, baru terisi 161 siswa.

Minimnya animo masyarakat masuk sekolah kejuruan ini diakui Endro Suroso, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Probolinggo. Selain itu, Endro juga melihat daerah di sekitar Kota Probolinggo juga gencar mendirikan sekolah sejenis.

“Selain minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke sekolah kejuruan berkurang, jumlah SMK di daerah lain terus bertambah,” begitu tuturnya.

Guna memenuhi pagu di SMKN 3 dan SMKN 4, Endro menyodorkan solusi. “Kami akan panggil kembali siswa yang sebelumnya tidak diterima karena nilainya rendah untuk mengisi kekurangan pagu siswa baru,” ujarnya. adi

author