banner 468x60

Nge-Game Bisa Bantu Kita Lebih Fokus

475 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Terlepas dari penggunaannya yang buat kita lupa diri, ternyata bermain game punya manfaat positif lho. Seperti olahraga pikiran, kegiatan ini mencegah kita kehilangan memori. Dengan kata lain, jika rutin dilakukan cara ini dapat jauhkan kita dari masalah pikun dini.

Pola makan yang tak terjaga, minim aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol disebut-sebut sebagai faktor utama munculnya fenomena pikun dini. Setiap orang hampir memiliki risiko yang sama, baik pria maupun wanita. Tapi tenang, menurut sebuah penelitian, gejala ini bisa diatasi dengan kebiasaan sederhana yang menyenangkan, seperti bermain game.

Para peneliti mengatakan selain itu, kegiatan mental lain termasuk permainan papan, membaca koran, atau menonton televisi dan menulis surat memiliki kontribusi baik terhadap kesehatan otak. Dr Konstantinos Arfanakis dan tim, dari Rush University Medical Center, Chicago adalah orang yang berada dalam penelitian ini.

Dalam studinya, mereka menemukan, kegiatan ini memberi efek dari aktivitas kognitif pada serat saraf otak, atau akson, yang mengirimkan informasi di seluruh otak. Tim ini juga menemukan bahwa meski kualitas cara otak berubah dengan usia atau penyakit, aktivitas mental seperti di atas bisa membuat otak kita tetap sehat.

“Membaca koran, bermain musik, bermain atau bermain game, seperti catur atau halma, semua kegiatan sederhana yang dapat berkontribusi pada otak yang sehat.” Jelas Dr Arfanakis.

Para ilmuwan menemukan mereka yang melakukan latihan pikiran akan memiliki otak awet muda. Dr Arfanakis mengatakan, pada kesimpulannya, kegiatan ini akan menjaga otak hingga akhir hidup seseorang dalam kondisi baik dan muda.

author