banner 468x60

Pemkot Jinan Siapkan Beasiswa Bagi 3 Mahasiswa Sidoarjo

536 views
iklan

kota jinanPenakita | SIDOARJO – Pemerintah Kota Jinan, China memberi kesempatan pada mahasiswa Kabupaten Sidoarjo untuk belajar bahasa Mandarin selama tiga bula  secara gratis. Beasiswa ini termasuk transport berangkat dan pulang ke Tanah Air.

“Untuk tiket disediakan oleh Pemkab Sidoarjo. Tetapi untuk bea hidup selama tiga bulan di Kota Jinan sepenuhnya ditanggung oleh siswa tersebut,” tegas Ari Suryono, Kepala Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo usai menerima kunjungan Walikota Jinan, Mr Yang Luyu.

Kesempatan belajar gratis bahasa Mandarin itu dilaksanakan pada bulan April-Juni 2014. “Proses seleksi seperti apa akan dibahas kemudian. Yang pasti penerima beasiswa itu harus sudah menguasai bahasa Mandarin sehingga selama di sana (Jinan) tinggal memfasihkan saja,” ujarnya.

Masih terkait bidang pendidikan dan olahraga, Pemkot Jinan dan Kabupaten Sidoarjo juga sepakat memperluas skala program beasiswa internasional untuk kota kembar di Universitas Jinan. Kerja sama lainnya yakni berkaitan dengan pembentukan sekolah kembar antara SMP dan SMA serta mendorong kunjungan kelompok siswa untuk pertukaran budaya.

Ditambahkan Ari, pertukaran budaya dan kerjasama di bidang pertamanan akan dilakukan melalui kegiatan seperti pameran foto Kota Kembar dan kunjungan kelompok-kelompok seni untuk mengikuti festival budaya yang diadakan masing-masing pihak, senantiasa meningkatkan pemahaman warga tentang budaya hubungan Kota Kembar, dan mempromosikan pengembangan akulturasi budaya.

Dalam kesempatan itu juga dibicarakan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi yang diarahkan untuk memperluas skala perdagangan dan mendorong investasi dua arah. Pertukaran bakat dan teknologi, mengeksplorasi kerjasama perdagangan produk impor dan ekspor yang unik yang berbasis pada sumber daya komplementer masing-masing pihak.

“Terkait kerjasama di bidang investasi, Walikota Jinan juga mengadakan pembahasan dengan pengusaha-pengusaha nasional untuk pengembangan investasi di Jinan,” pungkasnya. adi

author