banner 468x60

Pendaftaran SMA Kawasan Tidak Diperpanjang

553 views
iklan

ppdb surabaya onlinePenakita | SURABAYA – Meski jumlah pendartar SMA kawasan masih minim dan belum memenuhi target, Dinas Pendidikan Kota Surabaya memastikan tidak akan memperpanjang waktu pendaftaran. Pendaftar yang sudah masuk langsung diseleksi tim PPDB sambil menunggu tes potensi akademik yang akan diadakan Sabtu (22/6) untuk SMP kawasan, dan Minggu (23/6) untuk SMA kawasan.

Menurut Eko Prasetyaningsih, Humas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Surabaya, proses seleksi akan dinilai berdasarkan pilihan sekolahnya. Karena itu dia memastikan tidak akan ada sekolah yang mendominasi karena pilihan pendaftar dua sekolah.

Namun, jika ada sekolah yang tidak memenuhi pagu, lanjut Eko, pagu yang tersisa di sekolah tersebut akan diikutkan dalam PPDB reguler yang pendaftarannya dimulai tanggal 26-29 Juni 2013. Syaratnya, pagu yang tersisa itu minimal satu rombongan belajar atau 38 hingga 40 kursi per sekolah.

“Kalau kurang dari satu rombel, maka pagu itu akan dibiarkan begitu saja tanpa diisi,” ujar Kabid Pendidikan Dasar, Menengah Dindik Surabaya ini.

Pagu yang diikutkan dalam PPDB jalur reguler itu nanti dimasukkan berdasarkan rayon. Dan berbeda dengan jalur kawasan, pendaftar jalur reguler tanpa diharuskan mengikuti TPA (Tes Potensi Akademik).

“Parameter satu-satunya untuk jalur reguler adalah nilai ujian nasional,” tuturnya.

Berbeda dengan pendaftar SMA kawasan yang hanya 4.326 orang, di jenjang SMP kawasan, jumlah pendaftar yang masuk ada 7.571 pendaftar dari total pagu yang ditetapkan sebanyak 3.820 kursi. Artinya perbandingan pendaftar dengan jumlah pagu bisa 1 : 2.

Longgarnya persaingan masuk SMA kawasan ini memungkinkan pendaftar mudah lolos terutama pada sekolah-sekolah yang kurang peminatnya. Hingga pendaftaran ditutup, panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Surabaya enggan mengungkapkan sebaran peminat di masing-masing sekolah. ari

author