banner 468x60

Penerbit Mulai Incar Peluang Gusur Buku Terbitan Kemendikbud

366 views
iklan

Kurikulum_ 2013Penakita | MALANG – Meski Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud0 sudah menyediakan buku ajar Kurikulum 2013, namun belakangan muncul buku-buku di luar terbitan Kemendikbud di wilayah Kota Malang. Hadirnya buku bagi guru dan siswa itu disinyalir menggeser buku terbitan pemerintah.

“Buku-buku di luar terbitan pemerintah hanya sebagai pendamping buku utama. Bisa digunakan sebagai bahan pengayaan saja, sedang buku utama ya tetap terbitan Kemendikbud,” kata Budiono, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang.

Namun, Budiono tak menepis kemungkinan ada oknum guru atau sekolah bekerjasama dengan penerbit tertentu dan menggiring siswanya membeli buku dari penerbit di luar Kemendikbud. Jika itu terjadi, lanjut Budiono, pihaknya tidak bisa menjatuhkan sanksi administratif.

“Kecuali ada laporan dari orangtua atau wali murid. Namun, menurut saya guru-guru di Malang Kota sekarang sudah terjamin tunjangannya. Jadi rasanya kecil kemungkinan itu terjadi,” cetusnya.

Penegasan yang sama dilontarkan Tri Suharno. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Kota Malang ini menyatakan buku terkait kurikulum baru di luar terbitan Kemendikbud tidak wajib beli. “Kalau mau beli silakan saja, tapi buku-buku itu hanya sebagai pendamping buku terbitan pemerintah,” ujar Tri Suharno. sum

author