banner 468x60

Polda Jatim Kerahkan 5.000 Personel Amankan UN

379 views
iklan
Kabag Biro Operasional, AKBP DJ Djohartono

Kabag Biro Operasional, AKBP DJ Djohartono

Penakita | SURABAYA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 tinggal 12 hari lagi. Seluruh pihak terkait, termasuk jajaran Polda Jawa Timur terus melakukan persiapan yang matang agar UN berjalan lancar dan sukses sesuai harapan.

Kabag Biro Operasional, AKBP DJ Djohartono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya lima ribu personil untuk mengamankan jalannya UN pada 15 April 2013 mendatang. Pengamanan yang dilakukan mulai dari percetakan, distribusi, hingga pelaksanaan UN.

Untuk melakukan pengamanan pelaksanaan UN di sekolah, Djohartono mengaku memiliki strategi tersendiri. Agar pelaksanaan lancar, tanpa mengganggu konsentrasi siswa yang ujian, para aparat kepolisian ini tidak akan mengenakan pakaian seragam. Mereka semua akan mengenakan pakaian preman.

“Tapi kalau pengamanan dari percetakan aparat kami mengenakan seragam lengkap. Untuk di sekolah saja yang menggunakan pakaian preman,” tutur AKBP DJ Djohartono ketika ditemui dalam acara Rapat Koordinasi Pengamanan UN Tahun 2013 di Hotel Utami Juanda, Rabu (3/4/2013).

Djohartono menambahkan, tahun ini pihaknya tidak mengadakan operasi khusus kepada peserta maupun pengawas UN seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut menurutnya tak perlu lagi dilakukan, sebab tahun ini pelaksanaan UN lebih tertib dibandingkan tahun sebelumnya.

Apalagi menurut Djohartono, tidak ada indikasi kebocoran soal maupun jawaban yang tercium hingga saat ini. Pada setiap sekolah, lanjutnya, lima aparat kepolisian akan disiagakan.

“Nanti tidak ada operasi-operasi kok. Kami hanya akan mengawasi dan mengamankan dari luar kelas. Tapi tetap menyisir lingkungan sekolah. Kami tidak memiliki wewenang untuk masuk ke dalam ruang-ruang kelas ujian,” tandasnya.ika

author