banner 468x60

Poliwangi Berubah Status Jadi PTN

402 views
iklan

Penakita | BANYUWANGI – Akhirnya, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki perguruan tinggi negeri. Politeknik Banyuwangi disetujui menjadi politeknik negeri oleh pemerintah. Tinggal menunggu Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara.

Poliwangi resmi menjadi PTN, setelah tuntasnya proses verifikasi pengusulan di Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa (12/2/2013). Dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas memaparkan proses pembangunan yang dicapai selama ini di Banyuwangi. “Alhamdulillah semua unsur mendukung Poliwangi untuk di-negeri-kan bersama Politeknik Sambas,” kata Azwar Anas.

Sementara Slamet Kariyono, Sekretaris Kabupaten Banyuwangi memperkirakan, SK Menpan tentang pengesahan Poliwangi jadi PTN paling lambat ditandatangani seminggu mendatang.

Namun, menurut Slamet, perubahan status kelembagaan perguruan tinggi itu sama sekali tidak berdampak pada status kepegawaian karyawan. Pemerintah pusat, lanjut Slamet, tidak bisa mengangkat pengajar atau staf Poliwangi otomatis menjadi PNS.

“Tidak ada yang otomatis dalam perubahan status kepegawaian. Proses pengangkatan staf Poliwangi menjadi PNS hanya akan dilakukan sesuai peraturan,” tegasnya.

Kemenpan juga meminta proses sertifikat lahan Poliwangi seluas tiga hektare di BPN segera dituntaskan dan diserahkan pada pemerintah pusat. Slamet berjanji segera mengirimkan semua data tertulis yang diminta Kemenpan secepatnya.

author