banner 468x60

Ratusan Guru Sertifikasi Kota Batu Lebaran Tanpa TPP

414 views
iklan

uangPenakita | Batu – Ratusan guru bersertifikasi di Kota Batu resah. Pasalnya beberapa hari menjelang Lebaran mereka masih belum menerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP). Padahal informasi yang mereka terima TPP bagi mereka sudah dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bahkan untuk masa setahun sekaligus.

Mereka tidak paham alasan macetnya dana TPP tersebut. Karena mereka sudah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, termasuk membuat portofolio.

Keluhan yang diungkapkan ke Agus Budi Prasetya, Ketua II PGRI Kota Batu ini pun tak membuahkan hasil. Upaya yang dilakukan Agus Budi bersama sejumlah perwakilan guru Kota Batu ini tetap menemui jalan buntu.

Informasi yang mereka peroleh dari Wiwik Widiastuti, Bendahara Dinas Pendidikan Kota Batu, TPP guru di sejumlah daerah memang belum bisa cair lantaran ada larangan dari Wali Kota Batu. “Kami hanya boleh mencairkan gaji, selain itu tidak boleh,” ucap Agus Budi menirukan penuturan Wiwik Widiastuti.

“Alasan ini kan aneh, karena TPP itu juga gaji guru. Lagipula itu uang dari Kemendikbud, jadi kalau langsung diberikan ke guru tidak akan mengganggu keuangan Pemkota Batu,” cetus Agus Budi.

Informasi lain yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan, TPP yang masih macet ini antara lain dialami ratusan guru sertifikasi di Kecamatan Batu dan Bumiaji. Rinciannya, dari 46 orang guru TK hanya sekitar 15 orang sudah menerima TPP. Untuk tingkat SD, bahkan lebih banyak, yaitu 276 orang guru sertifikasi belum memperoleh TPP.

Di tingkat SMP Negeri 84 orang guru belum cair TPPnya, dan di jenjang SMA/SMK 188 orang belum ada pencairan TPP. “Terus terang, sekarang guru-guru resah. Karena kami sangat butuh untuk keperluan Lebaran,” papar Agus yang juga guru SD Negeri Pesanggrahan 1. sum

author