banner 468x60

Ribuan Guru di Kota Malang Belum Terima Tunjangan Sertifikasi

411 views
iklan

uang-2Penakita | MALANG – Sebanyak 3.392 guru di Kota Malang belum menerima tunjangan sertifikat bulan Desember 2012. Tunjangan tersebut kemungkinan baru bisa diterima awal tahun 2014.

Menurut Jianto, Kasi Fungsional dan Kependidikan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, keterlambatan penerimaan tunjangan sertifikasi itu lantaran adanya perubahan peraturan pemerintah (PP) berupa kenaikan sebesar 15 persen dari nominal yang sudah ditetapkan pada APBN 2011. “PP nomor 15 menyatakan tunjangan sertifikasi guru naik per-Desember 2012, sedangkan anggarannya telah ditetapkan pada 2011. Jadi tidak bisa serta-merta mengubah anggaran itu,” kata Jianto.

Ditambahkan, untuk menyesuaikan perubahan PP tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan perubahan anggaran yang kemudian diajukan ke DPR untuk dimintakan persetujuan dalam sidang paripurna bulan Oktober mendatang.

Menurut Jianto, pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai keterlambatan pencairan tunjangan sertifikasi yang terjadi tidak hanya di Kota Malang, melainkan secara nasional. “Kalau belum sosialisasi, Dindik pasti sudah didemo besar-besaran oleh para guru. Beruntung Malang Kota cuma terlambat satu bulan saja, itupun sudah tercover tunjangan triwulan 2013 yang sudah diterima para guru,” tuturnya. sum

author