banner 468x60

Robot Ini Bisa Jadi Terapis Autis

436 views
iklan

Penakita | INGGRIS – Selain lumba-lumba dan manusia, robot ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan terapi autisme bagi anak berkebutuhan khusus. Lebih spesifik, keberadaan robot humanoid (berbentuk manusia), ternyata dapat dimanfaatkan menggantikan kehadiran guru pengasuh.

Seperti dikutip dari Dailymail, dua buah robot humanoid telah diuji cobakan sejak tahun lalu untuk proyek terapi autisme di sebuah kelas berkebutuhan kusus di Brimingham, Inggris. Dalam metodenya, robot-robot ini sengaja diletakkan di tengah-tengah kelas dan mengajak anak-anak penderita autis untuk bermain.

Menurut peneliti yang terlibat dalam proyek ini menemukan anak-anak autis lebih responsif dan tertarik terhadap setiap gerakan robot. Peneliti yang melibatkan University of Birmingham ini juga mengklaim suatu hari metode ini juga dapat membantu siswa belajar di kelas mainstream.

Kemampuan utama robot setinggi lutut bernama Max dan Ben ini adalah menari Thriller, dan meniru gerakan Tai Chi. Ian Lowe, kepala sekolah dari Sekolah Dasar Topcliffe di Castle Vale, Birmingham mengatakan, robot ini telah memberi banyak kemajuan seperempat siswa autis.

Robot ini diciptakan dengan menghabiskan biaya sekitar £ 15.000 dalam bentuk purwarupa. Dr Karen Guldberg, dari Universitas Birmingham School mengatakan, pihaknya telah melihat bagaimana teknologi dapat mendukung siswa autis untuk berkomunikasi lebih efektif.

“Murid dan guru sedang bereksperimen dengan robot dan teknologi lainnya dengan cara perkembangan dan mereka menunjukkan manfaat yang signifikan bagi kelas. Robot telah pemodelan perilaku yang baik dan bertindak sebagai teman,” kata dia.

Ditambahkan, sungguh menakjubkan melihat bagaimana sebuah robot bisa menarik perhatian anak-anak autis. Sebelumnya cara ini sangat sulit dilakukan oleh manusia, dan membutuhkan berbagai cara khusus untuk memperoleh fokus dari anak autis.  adi

author