banner 468x60

RSBI Bubar, Sister School Tetap Jalan

443 views
iklan

SURABAYA  – Sekolah-sekolah eks RSBI Surabaya tetap akan melanjutkan kerja sama internasional. Apalagi Pemkot Surabaya selama ini sudah menjalin kerja sama dalam program sister school, yang jadi bagian dari sister city (kerja sama Surabaya dengan kota-kota di dunia yang memiliki karakter sama).

Kepala Dinas Pendidilkan Surabaya, Ikhsan menuturkan, kerja sama internasional di bidang pendidikan sudah berjalan. Banyak sekolah, terutama berstatus RSBI telah menjalin kerja sama tidak saja di bidang belajar dan pembelajaran. Tapi juga budaya hingga pertukaran pelajar.

“Kerja sama sister school adalah terintegrasi dengan sister city. Jadi ada tidak ada RSBI, kerja sama sejumlah sekolah kita dengan sekolah luar negeri jalan terus,” kata Ikhsan, Minggu (20/1/2013).

Sejumlah sekolah sebelumnya sempat cemas dengan dihapuskannya RSBI. Mereka yang sudah terlanjur menjalin kerja sama internasional terancam tak bisa dilanjutkan. Mengingat, apa pun terkait RSBI harus ditanggalkan.

“Banyak hal positif yang bisa didapat dari kerja sama internasional. RSBI boleh bubar, tapi peningkatan mutu pendidikan di sekolah harus tetap jalan. Hal-hal begini, termasuk kerja sama sekolah dengan sekolah luar negeri ya jalan terus,” tambah Ikhsan.

author