banner 468x60

Saat Ujian Tulis Peserta SBMPTN Dilarang Tinggalkan Ruangan

437 views
iklan

jadwal ujian SBMPTNPenakita | SURABAYA – Ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan digelar serentak Selasa-Rabu (18-19/6/2013). Pada hari pertama peserta sudah harus masuk ruang masing-masing pukul 07.30 WIB untuk mengisi biodata dan pemeriksaan identitas.

Selanjutnya peserta mengerjakan tes potensi akademik (TPA) mulai pukul 08.00-09.00 WIB. Selama itu pula peserta dilarang meninggalkan ruangan, bahkan untuk ke kamar mandi sekali pun.

“Aturan ini untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi selama ujian,” kata Bekti Cahyo Hidayanto, Humas SBMPTN dari ITS.

Panitia hanya memberi kesempatan kepada semua peserta untuk ke kamar mandi sebelum ujian dimulai. Kesempatan itu juga digunakan di waktu istirahat antara ujian TPA dan tes kemampuan dasar umum (TKDA) di hari pertama (18/6/2013). Serta tes kemampuan dasar sains dan teknologi (saintek) dan tes kemampuan dasar sosial humaniora di hari kedua (19/6/2013).

“Di antara dua tes itu ada waktu istirahat sekitar 45 menit. Jadi, silahkan di waktu itu ke kamar mandi karena saat tes tidak diperbolehkan ke kamar mandi dengan alasan apapun,” tandas Bekti.

Selain larangan itu, panitia lokal (panlok) SBMPTN Surabaya juga membatasi penggunaan alat tulis selama ujian. Masing-masing peserta hanya diperbolehkan membawa pensil dan penghapus. Sedang bolpoin akan disediakan panitia.

“Penghapus pun tetap akan kami teliti satu per satu, karena pengalaman sebelumnya ternyata penghapus ini dipakai sebagai alat komunikasi dengan joki,” ungkap Bekti. ari

author