banner 468x60

Sebanyak 34 Peserta Ujian Kejar Paket Belum Tentu Lolos. Ini Alasannya!

371 views
iklan

ujian-nasionalPenakita | SURABAYA – Tidak tercovernya 34 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) kejar paket B oleh percetakan sehingga mereka tidak mendapat naskah soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) kian membuat siswa tersebut resah. Mereka khawatir keberadaan mereka dalam UNPK tidak diakui panitia nasional.

“Kami tentu akan memperjuangkan. Jangan sampai mereka telah belajar dan ikut ujian, tetapi hasilnya tidak diakui dan tidak mendapat keputusan kelulusan. Itu kebijakan nasional, tetapi kami pasti akan memperjuangkan,” tandas Hairul Fatah, Kasi Pendidikan Luar Biasa Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Senin (1/7/2013).

Ditambahkan pula, meskipun 34 peserta ini tidak mendapat soal hingga hari terakhir, pihaknya akan terus memfotokopi untuk menyukupi kekurangan tersebut. Khusus untuk LJK, karena hanya fotokopi, nantinya dalam proses scaning jawaban masing-masing peserta akan dipindahkan dalam LJK asli.

“Itu sudah mekanisme dari awal kalau LJK fotokopi memang nanti diganti. Dan itu tugas dari panitia (Dinas Pendidikan Jatim),” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, karena paket soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk ujian pertama tidak tersedia, maka pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) kejar paket B di Ruang 19 dan 20 SMA Negeri 2 Surabaya, Senin (1/7/2013) terpaksa ditunda. Akibatnya, 34 peserta gagal formal yang sebelumnya tidak lulus ujian nasional (UN) yang berada di ruang tersebut menanti dengan gelisah.

Setelah menunggu hampir tiga jam, proses UNPK yang seharusnya dilakukan pukul 13.30 akhirnya bisa dimulai. Tetapi, naskah soal dan lembar jawaban komputer (LJK) untuk 34 peserta ini berbeda dengan peserta lain. Karena mereka harus ujian dengan soal dan LJK fotokopian. ari

author