banner 468x60

Siswa di 41 SMA Tak Bisa Masuk PTN

462 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Sebanyak 41 sekolah lanjutan tingkat atas (SMA/MA/SMK) di Surabaya dipastikan tidak bisa mengikutkan siswanya dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Pasalnya, 41 sekolah tersebut tidak mendaftar dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Panitia SNMPTN Ismaini Zaini menjelaskan, dari 41 sekolah yang tidak terdaftar tersebut 14 diantaranya SMA, 19 SMK dan delapan MA. Jumlah ini berdasarkan data dinas pendidikan Surabaya yang mencatat ada 133 SMA, namun hingga hari terakhir baru ada 199 SMA yang mendaftar. Begitu juga dengan SMK, dari 92 sekolah, hanya ada 73 yang mendaftar.

Sementara untuk MA, dari 16 sekolah hanya separuhnya yang mendaftar. “Saya sudah berikan data ini ke pak Rudi, pejabat dinas pendidikan Surabaya). Beliau cross check, katanya semua SMA negeri sudah masuk. Tinggal yang swasta yang belum,” tutur Ismaini.

Mana saja sekolah yang tidak terdaftar, Isma mengaku belum mendapatkan datanya karena harus di telusuri satu per satu. Sementara untuk wilayah Jatim, tercatat sebanyak 2004 SMA/SMK dan MA yang tidak mendaftar, dari jumlah sekolah yang terdaftar di kementerian pendidikan dan kebudayaan sebanyak 4.159 sekolah.

author