banner 468x60

Siswa Gakin di Kota Ini Dapat Jatah 20 Persen

458 views
iklan

suasana-kelasPenakita | KEDIRI – Dunia pendidikan di Kota Kediri makin terbuka bagi masyarakat tidak mampu. Dukungan pada kelompok masyarakat dari keluarga miskin (gakin) ini dikuatkan oleh penegasan dinas pendidikan (Dindik) setempat yang mewajibkan semua sekolah negeri menampung siswa gakin.

Mulai tahun ajaran 2013-2014, setiap sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Negeri wajib menerima 20 persen siswa gakin dari pagu masing-masing sekolah. “Namun, ketentuan ini hanya berlaku bagi gakin warga Kota Kediri. Siswa gakin di luar Kota Kediri tidak masuk ketentuan ini,” tegas Drs Gunawan Setyobudi, Kepala Dindik Kota Kediri, Minggu (9/6/2013).

Ditambahkan Setyobudi, setiap siswa gakin harus melampirkan kartu keluarga (KK) asli dan foto copy yang telah dilegalisir. Menunjukkan KTP asli Kota Kediri dan foto copy yang dilegalisir.

Selain itu, lanjut Setyobudi, juga harus menyerahkan surat pernyataan tidak mampu bermaterai dari orangtua siswa yang diketahui kepala kelurahan dan camat. Selanjutnya pihak sekolah akan melakukan visitasi untuk membuktikan kebenaran kondisi siswa gakin ini.

“Jika tidak sesuai surat pernyataan akan digugurkan dalam proses seleksi PPDB,” cetus Setyobudi sambil menambahkan, pihaknya juga memberlakukan kuota 10 persen siswa dari luar Kota Kediri untuk semua sekolah di wilayah tersebut. adi

author